EDUKASI HYGIENE MENSTRUASI UNTUK PENINGKATAN KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA DI MAS AL-HIDAYAH BANGKALAN

  • Selvia Nurul Qomari Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Ngudia Husada Madura
  • Rila Rindi Antina Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Ngudia Husada Madura

Abstract

Hygiene saat menstruasi merupakan usaha individu yang dilakukan untuk memelihara kebersihan serta kesehatan diri agar terhindar dari penyakit. Sayangnya berdasarkan penelitian sebelumnya, masih banyak ditemukan remaja putri terutama yang yang belum memiliki pengetahuan yang baik mengenai hygiene menstruasi, salah satunya yang terjadi di MAS Al-Hidayah Bangkalan. Rendahnya pengetahuan dan keterampilan hygiene menstruasi pada remaja putri dapat dipengaruhi oleh beberapa factor, salah satunya adalah kurangnya pendidikan kesehatan tentang hygiene menstruasi.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan melalui pemberian edukasi mengenai hygiene menstruasi kepada sejumlah 100 siswi-siswi di MAS Al-Hidayah Bangkalan dengan menggunakan media leaflet. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa setelah pemberian materi, terjadi peningkatan pengetahuan siswi mengenai hygiene menstruasi, terdapat 61% siswi yang tercatat dapat menjawab pertanyaan dalam kuesioner dengan baik dan benar.

Upaya peningkatan kesehatan reproduksi pada remaja hendaknya dapat terus digencarkan dengan pemberian materi dan metode-metode lain yang relevan terutama yang berkaitan dengan menstruasi.

Published
2023-10-23