KORELASI ANTARA KOMPETENSI SPIRITUAL, KOMITMEN KERJA, DAN PRODUKTIFITAS KERJA KARYAWAN TERHADAP SELF BELIEF DAN LOYALITAS PELANGGAN STUDI PADA RUMAH SAKIT UMUM ANNA MEDIKA MADURA

  • Heidy Ahadi Universitas Narotama
  • DR Fitriah Poltekkes Kemenkes Surabaya Kampus Bangkalan
  • Mustofa Haris Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Ngudia Husada Madura
Keywords: produktivitas, loyalitas, pelanggan, spiritual

Abstract

Loyalitas pelanggan merupakan gambaran keberhasilan rumah sakit membangun belief pasien terhadap kualitas jasa Rumah sakit. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis Peningkatan Produktivitas Karyawan Dalam Membangun Loyalitas Pelanggan Rumah Sakit Sebagai Pemberi Jasa Layanan Rumah Sakit.

Rancangan penelitian menggunakan Cross Sectional, Populasi dalam penelitian ini adalah Pasien Rawat Inap yang dirawat di Rumah Sakit Umum Anna Medika Madura yang dirawat inap pada bulan Juli 2019. Jumlah sampel sebanyak 175 responden. Teknik pemilihan sampel menggunakan “purposive sampling”. Variabel independen adalah kompetensi spiritual dan komitmen kerja karyawan. Variabel dependen adalah produktivitas kerja karyawan dan loyalitas pasien sebagai pelanggan. Pengumpulan data menggunakan data primer dengan kuesioner. Uji statistic yang digunakan adalah regresi logstik berganda.

Hasil penelitian didapatkan Hasil statistik p value 0.000 < 0,05 yang berarti bahwa ada hubungan kompetensi spiritual Komitmen Kerja terhadap produktivitas karyawan. Produktivitas Kerja karyawan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan dan keyakinan diri karyawan. Keyakinan Diri karyawan berpengaruh terhadap Loyalitas Pelanggan. kompetensi spiritual karyawan berhubungan terhadap komitmen kerja.

Bagi RSU ANNA Medika Meningkatkan produktivitas karyawan melalui peningkatan kreativitas, dan meningkatkan manajemen mutu melalui peningkatan pengendalian

Published
2024-05-03
Section
Articles