Analisa Faktor Ketidaktepatan Penyimpanan Dokumen Rekam Medis Pasien Rawat Jalan (Misfile) Di Unit Filing Rsud dr.Mohammad Zyn Kabupaten Sampang

  • Angga Ferdianto Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Ngudia Husada Madura
Keywords: Misfile, Penyimpanan Dokumen Rekam Medis

Abstract

Penyimpanan dokumen rekam medis yang tepat(misfile)mengakibatkan pelayanan kesehatan menjadi terhambatĀ  kualitas mutu pelayanan kesehatan serta dalam manajemen unit kerja rekam medis akan menurun. Oleh karena itu perlu adanya menganalisa faktor ketidaktepatan penyimpanan dokumen rekam medis pasien rawat jalan (misfile) diunit filingguna mengetahui faktor penyebab terjadinya misfile di RSUD dr. Mohammad Zyn Kabupaten Sampang.

Penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif dengan desain penelitian cross sectional. Menggunakan metode 5M untuk mengetahui faktor penyebab terjadinya (misfile) diunitFilingRSUD dr. Muhammad Zyn Kabupaten Sampang Tahun 2020.Populasi yang digunakan adalah 3.600 dokumen rekam medis, dengan pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin, sehingga sampel yang digunakan sejumlah 97 dokumen rekam medis pasien rawat jalan.

Hasil penelitian diperoleh presentase kejadian Misfile diunit FilingRSUD dr. Muhammad Zyn Kabupaten Sampang Tahun 2020 adalah 10 dokumen rekam medis atau 10%. Sedangkan dokumen yang tepat dalam penyimpanan sejumlah 87 dokumen rekam medis dengan presentase 90%.

Disarankan untuk menambah petugas penyimpanan minimal DIII Rekam Medis, melaksanakan pelatihan mengenai manajemen unit kerja rekam medis, dibuatkan Standar Operasional Prosedur (SOP) tertulis pengembalian dokumen rekam medis pasien rawat jalan, dilaksanakannya penggunaan tracer, menggunakan sistem kode warna pada map/folder rekam medis.

Published
2021-09-23
Section
Articles