Qualitative And Quantitative Analysis Medical Record Documents Of Inpatients Sectio Caesarea In General Hospital Anna Medika Madura The First Quarter 2018

  • Angga Ferdianto Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Ngudia Husada Madura

Abstract

Analisis dokumen rekam medis secara kualitatif dan kuantitatif sangat diperlukan untuk pembuatan isi rekam medis yang dilindungi dari masukan-masukan yang tidak tegak / konsisten serta pelanggaran pencatatan yang berdampak pada hasil yang tidak akurat dan lengkap. 

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Perolehan data dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara terbuka. Populasi Pasien DRM Rawat Inap Sectio Caesarea di RSU Anna Medika Madura, jumlah populasi sama dengan jumlah sampel sebanyak 36 dokumen rekam medis kasus Sectio Caesarea.

Instrumen yang digunakan adalah check list peneliti dan Wawancara . Data yang diperoleh diolah, kemudian dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan observasi pada pasien terhadap dokumen rekam medis, diperoleh analisis review kualitatif dan kuantitatif. Ketidaklengkapan terdapat pada 15 DRM lengkap dan 21 DRM tidak lengkap. Hasil analisis kualitatif total 28 akhir konsisten / akurat dan 8 tidak lengkap / tidak konsisten.

Kesimpulan dari penelitian ini Di RSU Anna Medika Madura adalah pelayanan yang kurang baik. Pasalnya, hasil analisis kualitatif dan kuantitatif kasus Sectio Caesarea banyak dalam pengisian rekam medis yang tidak lengkap. 

Published
2024-04-30
Section
Articles