Hubungan Tingkat Pengetahuan Dengan Perilaku Mendapatkan Vaksin Covid-19 Pada Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) Di Yayasan Tanpa Batas

  • Erna Febriyanti Universitas Citra Bangsa
Keywords: Vaksin COVID-19, ODHA, Pengetahuan, Perilaku.

Abstract

Pendahuluan : pandemi covid -19 menyebabkan masalah kesehatan yang cukup serius bagi orang dengan HIV/AIDS (ODHA), yaitu penurunan jumlah kunjungan rawat jalan, pengawasan viral load dan penekanan virologi. Salah satu penyebab masih rendahnya pencapaian vaksinasi 19 pada ODHA adalah karena ketakutan dari ODHA sendiri karena bisa menanggap penyakitnya. Karena itu, penting adanya pengawasan dan pengetahuan yang tepat bagi ODHA dalam proses perawatan, terlebih pada masa pandemi saat ini. Salah satu bentuk pencegahan penyebaran COVID-19 dengan pemberian vaksin. Vaksinasi sebagai upaya pencegahan primer yang sangat handal mencegah penyakit COVID-19. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan tingkat pengetahuan dengan perilaku mendapatkan vaksin covid-19pada orang dengan ODHA di Yayasan Tanpa Batas Kota Kupang.

Metode : penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional . Data dikumpulkan menggunakan kuesioner yang diadopsi dari penelitian terdahulu. Kuesioner yang digunakan sudah dinyatakan valid dan reliabel. Data didapatkan dari 109 ODHA. Responden yang dipilih mengunakan teknik accidental sampling. Uji statistik chi square digunakan untuk menganalisis data.

Hasil : penelitian menunjukkan ada hubungan antara tingkat pengetahuan dengan perilaku mendapatkan vaksin covid-19 pada ODHA.

Kesimpulan: hasil penelitian ini dapat menjadi acuan bagi tenaga kesehatan dalam memberikan pelayanan kesehatan terutama pada ODHA di Kota Kupang.

Published
2022-11-25
Section
Articles