PENGETAHUAN GURU TAMAN KANAK-KANAK TENTANG KONSEP BERMAIN DI KABUPATEN MANOKWARI
Abstract
Guru Taman Kanak-kanak hendaknya memiliki pemahaman yang baik tentang alat permainan yang digunakan untuk pembelajaran di Taman Kanak-Kanak (TK) karena anak juga sebagai sumber belajar untuk memenuhi kebutuhan naluri bermain yang sangat diperlukan untuk mengembangkan aspek-aspek perkembangan anak. Dalam memilih alat permainan perlu diperhatikan unsur edukatif sehingga anak tidak hanya bermain tetapi jugabelajar. Jika pemlilihan alat permainan yang diberikan tidak tepat, dapat mengganggu tumbuh kembang anak antara lain gangguan perkembangan emosi, sosial, motorik bahkan intelektualitasnya.Guru mempunyai peranan yang sangat penting dalam memilih permainan yang cocok dan sesuai dengan tahap tumbuh kembang anak. Untuk mengetahui gambaran tingkat pengetahuan guru taman kanak-kanak tentang konsep bermain di Kabupaten Manokwari. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian menggunakan pendekatan deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui Tingkat Pengetahuan Guru Taman Kanak-Kanak Tentang Konsep Bermain Di Kabupaten Manokwari. Variabel-variabel yang akan diteliti adalah Pengetahuan Guru Taman Kanak-Kanak berdasarkan pendidikan, informasi, dan pengalaman kerja di Kabupaten Manokwari. Sampel penelitian 63 responden, pengumpulan yang digunakan dalam penelitian ini adalah koesioner, analisa data dengan distribusi frekuensi untuk mengetahui proporsi pengetahuan guru Taman Kanak-Kanak Tentang Konsep Bermain berdasarkan umur, Pendidikan sumber informasi, Simpulan Sebagian besar responden dengan latar belakang Pendidikan, Sumber informasi dan pengalaman mempunyai pengetahuan yang baik tentang konsep bermain.