TINJAUAN PENGOLAHAN SENSUS HARIAN RAWAT INAP BERDASARKAN FAKTOR MAN DAN METHODE DI UNIT REKAM MEDIS RUMAH SAKIT NINDHITA SAMPANG

  • Eka Suci Daniyanti Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Ngudia Husada Madura
  • AMILIA FARADHILA
  • Nailufar Firdaus
Keywords: SHRI, Man, Method

Abstract

Sensus Harian Rawat Inap (SHRI) adalah kegiatan pencacatan atau penghitungan pasien rawat inap yang dilakukan setiap hari pada suatu ruang rawat inap guna untuk mengetahui jumlah layanan yang diberikan kepada pasien selama 24 jam. Pengolahan SHRI di Rumah Sakit Nindhita Sampang tidak dilakukan oleh petugas perawat, namun dilakukan oleh petugas rekam medis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengolahan SHRI di unit rekam medis Rumah Sakit Nindhita Sampang Berdasarkan Faktor Man & Method.

Jenis penelitian yang digunakan adalah Deskriptif dengan pendekatan Kualitatif. Pengolahan SHRI di Rumah Sakit Nindhita Sampang masih terdapat permasalahan yang menyebabkan kegiatan SHRI tidak berjalan dengan baik. Pada faktor man, petugas memiliki lebih dari 1 job desc, belum pernah melakukan pelatihan, dan latar belakang pendidikan petugas bukan dari rekam medis. Pada faktor Method, ketidaksesuaian SOP petugas SHRI di Rumah Sakit Nindhita Sampang dengan buku petunjuk pengisian pengolahan dan penyajian data Rumah Sakit.

            Berdasarkan hasil penelitian adapun solusi dan saran yang diusulkan yaitu, mengadakan pembaruan SOP, membuat struktur organisasi dan tugas pokok organisasi unit rekam medis, pembaruan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS),  mengikuti pelatihan dan memberikan anggaran dana, serta mengadakan evaluasi secara berkala kepada petugas setelah dilakukannya penginputan data SHRI.

Published
2021-09-15
Section
Articles