ANALISIS PERSONAL HYGIENE DENGAN KEJADIAN SCABIES PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN

  • NURUN NIKMAH Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Ngudia Husada Madura
  • Nor Indah Handayani Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Ngudia Husada Madura
  • NAILUFAR FIRDAUS Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Ngudia Husada Madura
Keywords: hygiene, scabies, santri

Abstract

Scabies merupakan penyakit yang sering dialami oleh santri. Pengetahuan yang kurang dan perilaku hidup bersih dan sehat terutama kebersihan (personal hygiene) umumnya kurang mendapatkan perhatian dari santri.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Hubungan Personal Hygiene Dengan Kejadian Scabies Pada Santri Di Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-bata Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan.

Jenis penelitian analisis dengan desain cross sectional, populasi sebanyak 32 santri dan sampel seluruh yaitu 30 santri dengan tekhnik Quota Sampling. Variabel independentnya adalah personal hygiene, varibel dependent adalah kejadian scabies. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan lembar observasi dengan uji lambda.

sebagian besar santri dengan personal hygiene kurang sebanyak (50,0%) dan sebanyak (66,7%) terjadi penyakit scabies, Hasil uji Lambda ρ=0,006 sehingg ada Hubungan Personal hygiene dengan kejadian scabies pada santri di Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-bata,

Untuk itu diharapkan para santri lebih memperhatikan kebersihan diri, menerapakan gaya hidup bersih sehari-hari,sehingga dapat menurunkan resiko kejadian scabies.

Published
2021-09-22
Section
Articles