Pengaruh Peer Education Terhadap Tingkat Pengetahuan Tentang Penyakit Menular Seksual Pada Remaja Di SMAN 14 Kabupaten Tangerang
Abstract
Komisi Penanggulangan AIDS Kabupaten Tangerang menyatakan Jumlah Penderita Penyakit Menular Seksual setiap tahunnya meningkat, di tahun 2017 ada 434 orang dan pada tahun 2018 mencapai 464 orang. Upaya yang dilakukan untuk mengurangi masalah tersebut adalah Meningkatkan Pengetahuan melalui Penyuluhan Kesehatan dengan MetodeĀ Peer Education sehingga diharapkan remaja dapat menerapkan pengetahuan tersebut dalam kehidupannya. Penelitian ini adalah Penelitian Kuantitatif dengan Desain Penelitian Quasi-eksperimen. Teknik penelitian ini menggunakan teknik One Group Pretest-Posttest Design dengan sampel sebanyak 163 responden dan menggunakan kuesioner sebagai alat ukur. Berdasarkan uji Wilcoxon didapatkan hasil p-value 0,004<0,05 maka dapat disimpulkan bahwa dalam penelitian ini H1 diterima. Berdasarkan penelitian didapatkan hasil bahwa ada pengaruh peer education terhadap tingkat pengetahuan tentang penyakit menular seksual pada remaja di SMA N 14 Kabupaten Tangerang