Analisa Kesadaran Diri Dan Sikap Pada Individu Yang Memiliki Faktor Resiko Genetik terhadap Diabetes Melitus Tipe 2 – Pada Penilaian Kualititatif

  • Mulia Mayang Sari Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Ngudia Husada Madura

Abstract

Individu Yang Memiliki Faktor Risiko Genetik Diabetes Melitus Tipe 2 (DM) memiliki risiko tinggi untuk terkena Diabetes Tipe 2. Diabetes tipe 2 dapat dicegah dengan meningkatkan faktor risiko yang dapat dimodifikasi, didukung oleh kesadaran diri, dan sikap individu yang memiliki riwayat keluarga DM yang tinggi. Penelitian ini menggunakan desain fenomenologi kualitatif.

Teknik Purposive Sampling diterapkan untuk menentukan individu yang memiliki orang tua dengan diabetes tipe 2. Sembilan orang berpartisipasi dalam penelitian ini. Analisis isi kualitatif dengan pendekatan Collaizi digunakan sebagai metode analisis data. Tema-tema utama yang menggambarkan kesadaran diri, & sikap individu adalah: penyangkalan bahwa diabetes disebabkan oleh faktor keturunan; kesalahpahaman tentang diabetes; “Modalitas tradisional” sebagai ukuran pencegahan terhadap diabetes tipe 2; dan DM dianggap sebagai “penyakit yang mengancam”. Studi lebih lanjut diperlukan untuk mengkaji secara mendalam tema-tema yang telah diidentifikasi pada jumlah partisipan yang lebih banyak dan variatif.

Published
2018-09-19
Section
Articles