PENGARUH PENDIDIKAN, PENYULUHAN DAN VIDEO (PELUVI) RJP TERHADAP PENGETAHUAN SISWA DALAM MEMBERIKAN PERTOLONGAN PERTAMA HENTI JANTUNG DI SMAN 1 TORJUN
Abstract
Henti jantung adalah keadaan di mana aktivitas jantung terhenti secara tiba-tiba, baik pada individu dengan riwayat penyakit jantung maupun tanpa riwayat tersebut. Resusitasi jantung paru (RJP) atau Cardiopulmonary Resuscitation (CPR) merupakan tindakan penyelamatan darurat yang ditujukan untuk menangani henti jantung atau henti napas, melalui penerapan kompresi dada dan ventilasi buatan. Tujuan: Tujuan pada penelitian ini untuk mengetahui pendidikan, penyuluhan, dan video (PELUVI) RJP terhadap pengetahuan siswa dalam memberikan pertolongan Pertama Henti Jantung. Metode: penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode pre eksperimental dengan tipe one group pre-post test desain. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas 11(A) di SMAN 1 Torjun dengan jumlah siswa yaitu 63 siswa. Penelitian ini menggunakan simple Random Sampling dan didapatkan sampel sebanyak 33 siswa. Hasil:. Berdasarkan hasil analisis statistik menggunakan uji Wilcoxon, diperoleh nilai p sebesar 0,014, yang berarti terdapat pengaruh intervensi berupa pendidikan, penyuluhan, dan video (PELUVI) RJP terhadap peningkatan pengetahuan siswa dalam memberikan pertolongan pertama pada henti jantung di SMAN 1 Torjun. Kesimpulan: terdapat pengaruh Pendidikan, Penyuluhandan Video (PELUVI) RJP Terhadap Pengetahuan Siswa Dalam Memberikan Pertolongan Pertama Henti Jantung