HUBUNGAN JALINAN SOSIAL DENGAN KUALITAS HIDUP PASIEN KUSTA DI RS. KUSTA SUMEBER GLAGAH (Studi di Ruang Melati RS Kusta Sumber Glagah Kabupaten Mojokerto)

  • MOHAMMAD LUTFI,S.Kep.,Ns.,M.Tr.Kep. STIKES NGUDIA HUSADA MADURA
Keywords: Jalinan sosial, kualitas hidup, kusta

Abstract

Penyakit Lepra adalah penyakit infeksi kulit yang dapat menimbulkan permasalahan yang berfariasi. Berdasarkan hasil studi awal pada tanggal 17 Oktober 2019 di RS. Kusta Sumber Glagah Mojokerto dengan dating ke ruangan pasien kusta satu persatu dari pasien dengan menggunakan kuisioner Kualitas hidup penderita kusta kepada 10 responden, diperoleh 7 responden dengan persentase dari pasien yang mempunyai kualitas hidup kurang baik didapatkan 3 responden dengan persentase kualitas hidup baik dan 1 responden dengan persentase kualitas hidup sangat baik. Tujuan penelitian untuk menganalisis hubungan jalinan sosial dengan kualitas hidup penderita kusta di RS.Kusta Sumber Glagah Mojokerto.

Penelitian ini Dilaksanakan setelah mendapatkan Uji Laik Etik dengan No. Sertikat: 384/KEPK/STIKes-NHM/EC/I/2020. Dengan menggunakan uji analitik dengan pendekatan Cross-Sectional. Variabel bebas adalah jalinan sosial dan variabel terikatnya adalah kualitas hidup penderita kusta. Populasi penelitian adalah 30 penderita kusta. Dengan jumlah sampel 23 responden menggunakan probability sampling dengan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket dengan menggunakan uji statistik chi-square.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa jalinan sosial menunjukkan kualitas hidup kurang (43,5%), kualitas hidup kurang (43,5%). Berdasarkan hasil uji statistik chi-square diperoleh p-value (0,000) <a (0,05) sehingga H0 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan jalinan sosial dengan kualitas hidup penderita kusta

Diharapkan tenaga medis dapat meningkatkan pelayanan baik dalam promosi kesehatan seperti sosialisasi dan penyuluhan tentang jalinan sosial dengan kualitas hidup penderita kusta melalui pemberian brosur, leaflet agar penderita kusta memperoleh informasi tentang kualitas hidup petugas kesehatan.

Published
2020-10-19
Section
Articles