Efektifitas Model Pembelajaran Mandiri Terhadap Peningkatan Pengetahuan Tentang Pertolongan Pertama Pada Anggota Palang Merah Remaja Wira
Abstract
Palang Merah Remaja (PMR) Wira adalah generasi muda yang menjadi salah satu kader kesehatan yang dikembangkan melalui Palang Merah Indonesia (PMI). Mereka harus dilatih dan dibekali ilmu pengetahuan tentang pertolongan pertama sebelum melaksanakan peran dan fungsinya dalam kegiatan Tri Bhakti, karena mereka merupakan bagian dari masyarakat yang bisa saja menjadi penolong pertama pada kejadian kewatdaruratan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis efektifitas metode pembelajaran mandiri terhadap peningkatan pengetahuan tentang pertolongan pertama pada PMR Wira. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pra-eksperimental dengan desain penelitian the one group pretest-posttest. Sample penelitiannya sebanyak 21 orang yang didapatkan melalui convenience sampling. Hasil dari penelitian ini adalah nilai p = 0,000 dapat disimpulkan bahwa metode belajar mandiri efektif digunakan untuk meningkatkan pengetahuan tentang pertolongan pertama pada anggota PMR Wira.