Dukungan Keluarga Dengan Pemanfaatan Posyandu Lansia Di Wilayah Kerja Puskesma Burneh

  • alvin abdillah stikes ngudia husada madura
  • Agus Priyanto STIKes Ngudia Husada Madura
Keywords: Dukungan keluarga, Posyandu lansia

Abstract

Lansia secara bertahap akan mengalami penurunan fungsi pada tubuhnya, hal ini dapat menyebabkan lansia mudah terserang penyakit, namun pada kenyataannya tidak banyak lansia yang mau memeriksaan kesehatannya ke posyandu. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hubungan dukungan keluarga dengan pemanfaatan posyandu lansia.

Metode penelitian ini menggunakan analitik kerelasional dengan pendekatan cross sectional. Variable independent dukungan keluarga sedangkan variable dependen pemanfaatan posyandu lansia. Populasi penelitian ini merupakan lansia yang tinggal di desa burneh wilayah kerja puskesmas burneh dengan jumlah sampel 45 lansia dengan teknik sampling simple random sampling. Menggunakan instrument penelitian kuesioner dukungan keluarga dan kuesioner pemnafaatan posyandu.

Berdasarkan Hasil uji statistic menggunakan spearman rank didapatkan hasil p value 0,0016 < α 0,05 dengan demikian dapat disimpulkan ada hubungan dukungan keluarga dengan pemanfaatan posyandu lansia di desa Burneh Kabupaten Bangkalan.

Disarankan untuk peneliti selanjutnya untuk dapat mengalasis dukungan keluarga lebih spesifik seperti dukungan emosional, informasional, penghargaan dll dengan pemanfaatna posyandu lansia.

Published
2024-06-29
Section
Articles