TINGKAT KECEMASAN MAHASISWA KEPERAWATAN DALAM MENGHADAPI PANDEMI COVID-19 DI KOTA KUPANG

  • Erna Febriyanti Universitas Citra Bangsa

Abstract

Latar Belakang: Peningkatan kasus Covid-19 yang secara signifikan di Indonesia, tidak saja berdampak pada kesehatan tapi juga berdampak pada berbagai sektor, mulai dari sektor perekonomian, sosial masyarakat, lingkungan, budaya dan pendidikan. Pada  situasi pandemi saat ini  mahasiswa rentan mengalami kecemasan. Kecemasan yang dialami memiliki tingkatan yang berbeda-beda pada setiap individu. Kecemasan dapat memberikan dampak pada berbagai aspek.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat kecemasan mahasiswa keperawatan dalam menghadapi pandemic Covid-19 di kota Kupang.

Metode: Penelitian ini menggunakan rancangan deksriptif kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Penelitian dilakukan di salah satu institusi keperawatan di Kota Kupang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 171 orang responden yang dipilih menggunakan purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner. Analisa data dengan univariat menggunakan distribusi frekuensi dalam bentuk persentase .

Hasil: hasil penelitian ini menunjukkan 43,3 % mahasiswa mengalami kecemasan ringan, 56,7 % mahasiswa mengalami kecemasan sedang.

Kesimpulan: Tingkat  kecemasan mahasiswa Keperawatan dalam menghadapi pandemic Covid-19 adalah kecemasan sedang.

Kata Kunci: Kecemasan , Mahasiswa, Pandemik Covid -19

Published
2020-10-06
Section
Articles