HIV PREVENTION BEHAVIOUR (CONDOM USE) AMONG COMMERCIAL SEX WORKERS BASED ON HEALTH BELIEF MODEL

  • Yasinta Betan Nursing Department, Citra Bangsa University
  • Hendra Andryanus Bire Logo
  • Yohanes Dion Nursing Department, Citra Bangsa University

Abstract

Latar belakang: Pekerja seks komersial adalah kelompok yang paling rentan terhadap infeksi HIV. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi perilaku pencegahan HIV dan prediktor penggunaan kondom pada pekerja seks komersial berdasarkan teori Health Belief Model.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian cross-sectional. Survei dilakukan di lokalisasi prostitusi dari Juli hingga Agustus 2017. Sebanyak 118 wanita pekerja seks komersial dipilih secara purposive. Data diperoleh dari kuesioner. Regresi logistik digunakan untuk menentukan prediktor perilaku penggunaan kondom di kalangan pekerja seks komersial.

Hasil: Penelitian ini menunjukan bahwa 12,7% pekerja seks komersial berisiko tertular HIV dan berisiko menularkan HIV kepada klien karena mereka tidak secara konsisten menggunakan kondom dengan klien selama berhubungan. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa faktor yang paling berpengaruh terhadap penggunaan kondom adalah external cues to action terkait informasi dari peer educator dan media massa (OR = 1.43, CI 95% = 1.15-1.79), diikuti oleh persepsi severity (OR = 1.41, 95% CI = 1.06-1.89). Namun, persepsi kerentanan, persepsi manfaat, dan persepsi hambatan tidak mempengaruhi penggunaan kondom di kalangan pekerja seks komersial dalam penelitian ini.

Kesimpulan: Hasil penelitian menunjukkan bahwa kampanye media massa tentang tingkat keparahan infeksi HIV dan program pendidikan sebaya sangat penting dalam meningkatkan penggunaan kondom di kalangan pekerja seks di rumah bordil. Selain itu, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk menggali lebih banyak pengalaman pekerja seks yang tidak konsisten menggunakan kondom dengan klien saat berhubungan dengan pendekatan kualitatif.

Published
2020-10-03
Section
Articles