PENDEKATAN SISTEMATIS DALAM PENILAIAN DAN INTERVENSI KELUARGA: TINJAUAN LITERATUR TERHADAP CALGARY FAMILY ASSESSMENT AND INTERVENTION MODEL (CFAM/CFIM)

  • Afiq Jaya Pratama Universitas Pendidikan Indonesia
  • Titra Adikusuma Suparto Universitas Pendidikan Indonesia

Abstract

Tinjauan literatur ini bertujuan untuk mengeksplorasi Calgary Family Assessment and Intervention Model (CFAM/CFIM) dalam hal penilaian dan intervensi keluarga. Pencarian dilakukan pada database Google Scholar, PubMed, dan ScienceDirect dengan kata kunci "Calgary Family Assessment Model", "Calgary Family Intervention Model", "penilaian keluarga", "intervensi keluarga", dan "keluarga".

Sebanyak 10 artikel ditemukan dan dianalisis. Hasil menunjukkan bahwa CFAM/CFIM adalah model intervensi keluarga yang sistematis dan berpusat pada keluarga yang terbukti efektif dalam meningkatkan hasil bagi keluarga, termasuk peningkatan kesehatan mental, fungsi keluarga, dan kualitas hidup. CFAM menyediakan kerangka kerja yang komprehensif untuk menilai keluarga, dan CFIM menawarkan berbagai strategi intervensi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan individu dan keluarga.

Published
2024-06-05
Section
Articles