KOMPRES JAHE HANGAT TERHADAP INTENSITAS NYERI ARTRITIS RHEUMATOID PADA LANSIA

  • Musmuliadin Musmuliadin STIKES IST Buton
  • Chandra Irawan Poltekkes Kemenkes Mataram
  • Chandra Irawan Poltekkes Kemenkes Mataram
  • Wa Ode Yulinar STIKes IST Buton
Keywords: Nyeri, Artritis Rheumatoid, Kompres Jahe Hangat

Abstract

Penderita Rheumatoid Artritis diseluruh dunia telah mancapai angka 355 juta jiwa, artinya 1 dari 6 orang di dunia ini menderita reumatoid artritis. Diperkirakan angka ini terus meningkat hingga tahun 2025 dengan indikasi lebih dari 25% akan mengalami kelumpuhan. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh kompres jahe hangat terhadap intensitas nyeri artritis rheumatoid pada lansia di Puskesmas Bukit Wolio Indah Kota Baubau.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi eksperimen, dengan desain penelitian one group pre-test and post- test, dimana kegiatan penelitian yang memberikan tes awal (pretest) sebelum diberikan perlakuan, setelah diberikan perlakuan barulah memberikan tes akhir (posttest). Jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu 50 orang.

Hasil penelitian diperoleh intensitas nyeri artritis rheumatoid sebelum diberikan kompres jahe hangat tertinggi nilai 8 yaitu 15 orang (30,0%) dan terendah nilai 6 yaitu 7 orang (14,0%), dan setelah diberikan kompres jahe tertinggi nilai 6 yaitu 16 orang (32,0%) dan terendah nilai 2 yaitu 3 orang (6,0%). Ada pengaruh kompres jahe hangat terhadap intensitas nyeri artritis rheumatoid pada lansia.

Published
2024-06-07
Section
Articles