HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWI SMP NU AL - ITQON PANGANDARAN

  • Eva Nopiyanti Universitas harapan bangsa
  • Siti Haniyah Universitas Harapan Bangsa Purwokerto
  • Arlyana Hikmanti Universitas Harapan Bangsa Purwokerto

Abstract

Anak sekolah termasuk kelompok rentan gizi sehingga memerlukan pemenuhan zat-zat gizi karena dapat memengaruhi pertumbuhan fisik dan perkembangan otaknya. Hal ini berkaitan dengan proses belajar dan pencapaian hasil belajar yang optimal terlebih pada remaja putri sekolah menengah pertama yang memiliki berbagai perkembangan dalam kecerdasan yang akan timbul berbedanya minat dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Status Gizi Dengan Prestasi Belajar pada Siswi di SMP NU Al-itqon Pangandaran, Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional yang pengambilan data dilaksanakan pada bulan Agustus 2023 di SMP NU Al-itqon Pangandaran. Sampel pada penelitian ini adalah remaja putri SMP NU Al-Itqon Pangandaran, sebanyak 67 remaja putri. Analisis data menggunakan uji spearman rank. Berdasarkan penelitian ini menunjukkan hasil dari uji spearman rank terdapat nilai (P<0.092) yang menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara status gizi dengan prestasi belajar siswi SMP NU Al-Itqon Pangandaran dan memiliki keeratan rendah dengan koefisien korelasi 0,208. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian dengan menggunakan variabel lain di SMP NU Al-Itqon Pangandaran.

Published
2024-02-16
Section
Articles