The Relationship among family economic status and parent's knowledge about nutrition and nutrition status of Balita

  • Heni Ekawati STIKes Ngudia Husada Madura
  • Ega Ravendra Arya Putra STIKes Ngudia Husada Madura
Keywords: Status Ekonomi, Pengetahuan, Status Gizi

Abstract

Status gizi adalah keadaan tubuh sebagai akibat dari pemakaian, penyerapan, dan penggunaan makanan. Faktor yang mempengaruhi status gizi salah satunya penyakit infeksi. Berdasarkan hasil studi pendahuluan didapatkan masih banyak balita mengalami gizi buruk dan gizi lebih. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis hubungan antara status ekonomi keluarga dan pengetahuan orang tua tentang gizi dengan status gizi balita    .

Metode dalam penelitian ini analitik korelasi dengan pendekatan cross- sectional. Jumlah populasi 150 responden dan jumlah sampel 106 menggunakan tekhnik simple random sampling. Variabel independen adalah status ekonomi keluarga, pengetahuan orang tua dan variabel dependen status gizi. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner status ekonomi, pengetahuan orang tua tentang gizi dan tabel status gizi menurut BB/U. Analisis data menggunakan analisis bivariat dengan spearman rank.

Hasil uji statistik menunjukkan hasil p value 0.001 < α = 0,05  yang artinya ada hubungan yang signifikan antara status ekonomi dengan status gizi anak balita. Hasil uji statistik menunjukkan hasil p value 0.001 < α = 0,05 yang artinya ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan orang tua tentang gizi dengan staus gizi anak balita.

Saran kepada tenaga kesehatan dan orang tua balita untuk memperhatikan gizi anak dan memberi edukasi tentang gizi.

Published
2023-12-30
Section
Articles