PENERAPAN KOMPRES HANGAT DENGAN AROMA LAVENDER UNTUK MENGURANGI NYERI PADA PASIEN POST SC

  • Yuliana Ismiyati Ners
  • Witri Hastuti Universitas Karya Husada Semarang

Abstract

Sectio Caesarea ( SC) merupakan proses pembedahan pada persalinan buatan yang dilakukan dengan cara melakukan insisi pada dinding perut dan rahim ibu untuk mengeluarkan hasil konsepsi janin. Caesarea merupakan tindakan yang bertujuan menyelamatkan ibu maupun bayi. Setiap pembedahan SC harus didasarkan atas indikasi, yaitu pertimbanganpertimbangan yang menentukan bahwa tindakan perlu dilakukan demi kepentingan ibu dan janin (Dermawan, 2016).

Menurut World Health Organitation (WHO) tahun 2015, angka persalinan SC terus meningkat di seluruh dunia hingga melebihi kisaran 10%- 15% per 1000 kelahiran di dunia (Febiantri & Machmudah, 2021). Angka prevelensi SC tertinggi di Amerika Latin dan Kaliba, yaitu (40,5 %), Eropa (19,2%), Asia (19,2%) dan Afrika (7,3%). Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar, prevalensi SC di Indonesia tahun 2018 adalah (17,6%), dan prevelensi tertinggi yaitu Provinsi DKI Jakarta (31,3%) dan terendah yaitu Papua (6,7%). Peningkatan ini disebabkan adanya hambatan pada janin maupun ibu, sebagian operasi SC dilakukan atas permintaan ibu yang tidak ingin menjalani persalinan normal karena adanya rasa takut (Febiantri & Machmudah, 2021).

Nyeri yang tidak diatasi secara adekuat menimbulkan efek yang membahayakan seperti gangguan mobilisasi ibu, terganggunya aktivitas sehari - hari atau activity of daily living (ADL), terhambatnya bonding attachment (ikatan kasih sayang) dan inisiasi menyusui dini (IMD), kecemasan dan gangguan mobilitas yang membuat ibu merasa tidak nyaman atau menimbulkan ketidaknyamanan. Tidak terpenuhi IMD karena adanya peningkatan intensitas nyeri apabila ibu bergerak, jadi respon ibu terhadap bayi kurang, sehingga ASI yang mempunyai banyak manfaat bagi bayi maupun ibunya tidak dapat diberikan secara optimal (Shim et al., 2018)

Tujuan : Mengetahui gambaran penerapan kompres hangat dengan aroma lavenderuntuk mengurangi  nyeri pada pasien post SC di RS St Elisabeth Semarang

Hasil : penerapan terapi inhalasi dengan aroma lavender sangatlah evektif dalam menurunkan nyeri pada pasien post SC, dan setelah dilakukan terapi pasien menjadi rileks, sesuai studi kasus yang telah dilakukan pasien yang telah melakukan treatmen kompres hangat dengan aroma lavender cenderung tanda-tanda vital dalam batas normal serta skala nyeri menurun.

 

 

Published
2023-12-31
Section
Articles