HUBUNGAN POLA ASUH TERHADAP TINGKAT STRESS, KECEMASAN, DAN DEPRESI PADA REMAJA

  • ira ayu maryuti nursing
  • Anindya Arum Cempaka Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya
  • Kristina Pae Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya
  • Agustina Chriswinda Bura Mare Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya
Keywords: Remaja, pola asuh, stres, kecemasan, depresi

Abstract

Remaja adalah masa peralihan dari usia kanak-kanak ke dewasa. Menurut WHO remaja merupakan penduduk dalam rentang usia 10-19 tahun, sedangkan menurut Kementerian Kesehatan RI Nomor 25 tahun 2014; remaja merupakan penduduk dalam rentang usia 10-18 tahun. Pada masa remaja ini belum ada kemantapan dalam diri remaja dan terjadi banyak perubahan baik secara fisik, psikis dan sosial, sehingga rentan muncul masalah yang bisa datang dari dalam diri remaja sendiri maupun berasal dari luar diri diantaranya adalah: stress, kecemasan dan depresi. Pola asuh orang tua sangat berpengaruh pada proses adaptasi remaja, karena orang tua adalah lingkungan terdekat dalam mempelajari segala sesuatu dan menjadi tempat pertama seorang individu beradaptasi.

Tujuan penelitian ini adalah menganalisa hubungan pola asuh terhadap stres, kecemasan dan depresi pada remaja. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional Rank Spearman. Responden penelitian adalah di Fakultas Keperawatan Universitas Citra Bangsa Kupang  sebanyak 170 mahasiswa. Tehnik pengambilan sampel secara purposive sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner Scale of Parenting, yang telah dimodifikasi oleh Abdul dan Abidha untuk mengetahui pola asuh, dan kuesioner DASS 42 untuk mengetahui tingkat stress, kecemasan dan depresi. Analisa data penelitian ini menggunakan SPSS.

                Hasil penelitian berdasarkan uji hipotesis yang dilakukan pola asuh terhadap tingkat stres didapatkan hasil p= 0,030 (<0,05), polaasuh terhadap kecemasan didapatkan hasil p= 0,024 (<0,05), dan pola asuh terhadap depresi   p= 0,052 (>0,05). Berdasarkan hasil ini maka dapat disimpulkan bahwa pola asuh berpengaruh secara signifikan terhadap tingkat stres, kecemasan dan depresi pada remaja.

Published
2023-12-15
Section
Articles