Gambaran Pengetahuan Tentang Covid - 19 di Kecamatan Sampang Kabupaten Sampang

  • mohammad shiddiq suryadi Mohammad Shiddiq Suryadi Universitas Nazhatut Thullab Al-Muafa Sampang
Keywords: Pengetahuan, COVID-19

Abstract

Coronavirus atau sindrom pernapasan akut parah coronavirus 2 (SARS-CoV-2) adalah virus yang menyerang saluran pernapasan. Penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus ini disebut COVID-19. Penyebab utama ketidakpatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan adalah kurangnya pengetahuan tentang risiko penyakit dan manfaat pengobatan, serta hambatan utama dalam mengakses layanan kesehatan.

Sebuah desain cross-sectional digunakan untuk desain penelitian. Ada 297 subjek dalam penelitian ini. Sampel yang diambil sebanyak 170 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan probabilistic sampling dan teknik random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan lembar kuesioner. Gunakan uji statistik dengan uji peringkat Spearman (a = 0,05).

Berdasarkan hasil Riset Knowledge Brief tentang COVID-19 di Kabupaten Sampan Kecamatan Sampan diketahui bahwa hampir separuh masyarakat yaitu 75 orang (44,1%) tidak memiliki pengetahuan yang cukup. Masyarakat dihimbau untuk mengedukasi diri tentang COVID-19 dan tetap mematuhi protokol kesehatan COVID-19.

Pemerintah mengambil sejumlah inisiatif untuk mengurangi dampak parah dari pandemi COVID-19. Pengetahuan masyarakat yang cukup tentang Covid-19 dengan mengikuti protokol kesehatan dan upaya pemberian pengetahuan antara lain menjaga jarak, menghindari keramaian, mencuci tangan dan memakai masker

Published
2023-12-30
Section
Articles