Hubungan Pengetahuan dan Sikap Perawat dengan Kepuasan Penerima Pelayanan Gawat Darurat Pra Rumah Sakit di Kota Kupang
Abstract
Kehadiran pelayanan gawat darurat pra rumah sakit sebagai garda terdepan dan tercepat dalam mengatasi berbagai situasi ancaman klinis yang dapat dialami oleh semua orang, pada waktu dan lokasi yang tidak dapat diprediksi. Oleh karena itu, perlu untuk pengiriman bantuan secepatnya dan mengusahakan pertolongan yang tepat oleh perawat agar penerima pelayanan puas terhadap pelayanan yang diterimanya. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis hubungan pengetahuan dan sikap perawat dengan kepuasan penerima pelayanan gawat darurat pra rumah sakit di Kota Kupang. Penelitian ini dilaksanakan pada 20 orang perawat dan 80 orang keluarga pasien yang menerima pelayanan Brigade Kupang Sehat. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan antara pengetahuan dan sikap perawat dengan kepuasan keluarga penerima pelayanan gawat darurat pra rumah sakit di Kota Kupang