PENGARUH TEKNIK MASSAGE EFFLEURAGE TERHADAP PENURUNAN SKALA NYERI PADA PERSALINAN KALA 1 FASE AKTIF WILAYAH PUSKESMAS TAMPANG TUMBANG KALIMANTAN TENGAH

  • Nelly Mariati Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
  • Mirawati Mirawati Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
  • Afiatun Rahmah Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
  • Fitriani Fitriani Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
Keywords: massage effleurage, persalinan kala 1, fase aktif, skala nyeri

Abstract

Persalinan dan kelahiran merupakan proses fisiologis yang harus dialami oleh seorang ibu. Selama proses persalinan terjadi penurunan kepala kedalam rongga panggul yang menekan syaraf pundendal sehingga mencetuskan sensasi nyeri yang dirasakan oleh ibu. Menurut Survey Demografi Kesehatan Indonesia (SDKI) tahun 2012 Angka Kamatian Ibu (AKI) akibat persalinan di Indonesia yaitu 208/100.000 dan Angka Kematian Bayi (AKB) 26/1.000 kelahiran hidup (Kemenkes RI, 2003).Menganalisis Pengaruh Massage Effleurage Terhadap Penurunan Skala Nyeri Pada Persalinan Kala 1 Fase Aktif.Rancangan penelitian yang digunakan adalah Wilcoxon dengan total populasi 10 ibu bersalin. Berdasarkan hasil uji analisa statistik dengan uji Wilcoxon diperoleh nilai P value = 0,008 dengan derajat kemaknaan α = 0,05. 0,008<0,05, maka H1 diterima yang artinya menunjukan adanya makna yang berarti pada kombinasi massage Effleurage  terhadap penurunan skala nyeri pada persalinan kala 1 fase aktif.

Adanya makna yang berarti pada massage effleurage terhadap penurunan skala nyeri pada persalinan kala 1 fase aktif. Ibu dalam peroses persalinan memerlukan tingkat rileks yang tinggi untuk mengurangi nyeri.

Published
2023-08-18
Section
Articles