EFEKTIFITAS TERAPI KOMBINASI RENDAM KAKI AIR HANGAT DAN TERAPI RELAKSASI NAFAS DALAM TERHADAP PENURUNAN TEKANAN DARAH PADA PASIEN HIPERTENSI

  • Agus Priyanto Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Ngudia Husada Madura
  • Mulia Mayangsari Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Ngudia Husada Madura
  • Nurhayati M Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Ngudia Husada Madura
Keywords: rendam kaki air hangat, hipertensi, relaksasi nafas

Abstract

Hipertensi merupakan suatu peningkatan abnormal tekanan darah dalam pembuluh darah arteri secara terus menerus lebih dari satu periode. Dibutuhkan penanganan untuk menurunkan tekanan darah yang tidak menimbulkan efek samping yaitu penanganan non farmalogis berupa pemberian terapi kombinasi rendam kaki air hangat dan relaksasi nafas dalam. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan sebelum dan sesudah dilakukan kombinasi terapi rendam kaki air hangat dan relaksasi nafas dalam terhadap penurunan tekanan darah pada penderita Hipertensi di Wilayah Kerja Puskesmas Socah Kabupaten Bangkalan.

Metode penelitian quasy eksperimental dengan pedekatan pretest posttest with control group design. Variabel independen kombonasi terapi rendam kaki air hangat dan relaksasi nafas dalam, variabel dependen penurunan tekanan darah. Pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling dengan metode purposive sampling didapatkan 60 responden. Uji statistik menggunakan uji Wilcoxon dan uji Mann Whitney.

Hasil analisa dengan uji Wilcoxon tekanan darah sistole 0,000 dan tekanan darah diastole 0,000 ada perbedaan antara tekanan darah sistole dan diastole pretest dan postest kelompok kombinasi terapi rendam kaki air hangat dan relaksasi nafas dalam. Hasil uji Mann Whitney 0,000 sehingga dapat disimpulkan ada perbedaan antara tekanan darah sistole dan diastole pada penderita hipertensi yang diberikan terapi kombinasi rendam kaki air hangat dan relaksasi nafas dalam, di Wilayah Kerja Puskesmas Socah Kabupaten Bangkalan.

Bagi tenaga kesehatan agar memberikan pendidikan kesehatan khususnya kepada pasien hipertensi tentang manfaat terapi rendam kaki air hangat dan relaksasi nafas dalam untuk menurunkan tekanan darah.

Published
2020-04-28
Section
Articles