Hubungan Faktor Sosial Demografi dan Faktor Ibu Terhadap Konsumsi Tablet Fe pada Ibu Hamil di BPM S Tangerang Tahun 2021

  • Dewi Sartika Br Sembiring Akademi Kebidanan Sentra Bina Yudhistira
  • Dian Sholiha Akademi Kebidanan Sentra Bina Yudhistira
Keywords: Usia, Pendidikan, Pekerjaan, ANC, tablet Fe

Abstract

Latar Belakang : Angka Kematian Ibu (AKI) merupakan salah satu indikator keberhasilan upaya kesehatan ibu dan menilai kesejahteraan masyarakat.

Metode Penelitian:  Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh ibu hamil pada Trimester III di BPM S Tangerang Banten Tahun 2021 berjumlah 56 orang. Analisis data yang digunakan adalah univariat dan bivariat dengan uji chi square.

Hasil Penelitian: tidak terdapat hubungan yang bermakna antara usia dengan konsumsi tablet Fe dimana nilai p value = 0.050 > α = 0.05, tidak terdapat hubungan yang bermakna antara pendidikan dengan konsumsi tablet Fe dimana nilai p value = 0.982 > ᾱ = 0.05. tidak terdapat hubungan yang bermakna antara pekerjaan dengan konsumsi tablet dimana nilai p value = 0.158 > α = 0.05. terdapat hubungan yang bermakna antara frekuensi kunjungan ANC dengan konsumsi tablet Fe pada ibu hamil dimana nilai p value = 0.046 < α = 0.05 tidak terdapat hubungan yang bermakna antara gravida dengan konsumsi tablet Fe dimana nilai p value = 0.301 > α = 0.05.

Kesimpulan : Faktor penyebab rendahnya konsumsi tablet Fe adalah kunjungan ANC.

Saran: Diharapkan bagi ibu hamil untuk rutin mengkonsumsi tablet Fe sesuai anjuran demi kebaikan  ibu dan janin yang dikandungnya.

Published
2023-08-01
Section
Articles