Tingkat Pengetahuan Remaja Putri Tentang Menarche Pada Siswa Kelas V Dan VI SD Negeri S15 Cileduk Tahun 2022

  • Yulis Setyaningsing Akademi Kebidanan Sentra Bina Yudhistira
  • Wiwi Widiyanti Akademi Kebidanan Sentra Bina Yudhistira
  • Diah Soliha Akademi Kebidanan Sentra Bina Yudhistira
Keywords: Tingkat Pengetahuan Putri tentang Menarche.

Abstract

Latar Belakang Masa remaja adalah masa transisi yang ditandai oleh adanya perubahan fisiologi, emosi dan fisik. Masa remaja yakni antara usia 10 sampai 19 tahun, adalah suatu periode masa pematangan organ reproduk simanusia, dan sering disebut masa pubertas.

Tujuan penelittian Untuk Mengetahui Tingkat Pengetahuan Remaja Putri Tentang Menarche pada Siswa Kelas V dan VI SD S15 Ciledug bulan Januari 2022

Metode Penelitian Desain penelitian yang digunakan adalah Deskriftif, pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah cross sectional. Sampel penelitian ini adalah Siswa Kelas V dan VI SD S sebanyak 38 orang.

Hasil penelitian menunjukan bahwa dari 38 responden mayoritas sebagian besar  yang berpengetahuan cukup sebanyak 23 responden (60,5%), berpengetahuan kurang sebanyak 11 responden (28,9). Berdasarkan pendidikan orang tua mayoritas sebagian besar berpendidikan tinggi (SMA dan PT) sebanyak 18 responden (47.4%), dan minoritas berpendidikan rendah sebanyak 20 reponden (52.6%). Berdasarkan pekerjaan orang tua mayoritas semua bekerja sebanyak 38 responden (100.0%). Berdasarkan sumber informasi mayoritas sebagian besar sumber informasi Terpapar (jika responden bisa menjawab ≥1) sebanyak 33 responden (86.8%), dan minoritas tidak terpapar (bila reponden tidak bisa menjawab) sebanyak 5 reponden (13.2%).

Kesimpulan Pengetahuan, Pendidikan orang tua, Pekerjaan orang tua, Sumber Informasi ada hubungan dengan Tingkat Pengetahuan remaja putri tentang menarche.

Published
2023-07-31
Section
Articles