ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PUSKESMAS MENGGUNAKAN METODE EUCS DI PUSKESMAS BANYUANYAR

  • Eka Suci Daniyanti Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Ngudia Husada Madura
  • Eddy Moeljono STIKes Ngudia Husada Madura
  • Diany Yoke Savira STIKes Ngudia Husada Madura
  • Nahdiya Putri Damayanti STIKes Ngudia Husada Madura
Keywords: SIMPUS, EUCS, Kepuasaan

Abstract

Masalah penggunaan SIMPUS dalam riwayat pengunjung yang menunjukkan hasil riwayat yang berbeda dalam mengakses data. Peneliti bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna terhadap Sistem Informasi Manajemen Puskesmas Menggunakan Metode EUCS di Puskesmas Banyuanyar.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh petugas yang mengoperasikan SIMPUS sejumlah 33 responden.

Hasil analisis pada dimensi dimensi content menyatakan puas dengan presentase sebesar 69%. Dimensi accuracy, tidak puas dengan presentase 54%. Dimensi format puas dengan presentase 58%. Dimensi ease of use, menyatakan puas dengan presentase 79%. Dimensi timeliness, mereka menyatakan tidak puas dengan presentase 52%.

Sistem informasi harus sesuai dengan kebutuhan pengguna dan memiliki informasi terbaru, sistem informasi menyediakan informasi yang akurat, data yang dikelola dengan baik, format jelas dan tidak membingungkan sehingga membuat pengguna lebih cepat dalam melakukan pekerjaan. Suatu sistem informasi perlu memiliki interaksi jelas dan mudah dimengerti. informasi yang dihasilkan harus disajikan secara tepat waktu atau realtime.

Published
2023-05-30
Section
Articles