PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG HIPERTENSI TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN HIPERTENSI MENGGUNAKAN MEDIA POSTER DAN AUDIO VISUAL PADA PASIEN HIPERTENSI

  • Agus Priyanto Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Ngudia Husada Madura
  • Alvin Abdillah STIKES NGUDIA HUSADA MADURA
  • Titin Zaitun STIKES NGUDIA HUSADA MADURA
Keywords: Pengetahuan, Hipertensi, Media Poster, Media Audio Visual Video

Abstract

Hipertensi yaitu tekanan darah sistolik lebih dari 140 mmHg dan diastolik lebih dari 90 mmHg. Kenyataanya di lapangan masih banyak penderita hipertensikurang mendapatkan informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media poster dan media audio visual video terhadap peningkatan pengetahuan penderita hipertensi.

Penelitian ini menggunakan Quasy Experiment Desain dengan pendekatan Two Group Pre-Post Test design. Variabel independennya media poster dan media audio visual video sedangkan variabel dependennya pengetahuan hipertensi. Jumlah populasi 220 penderita dengan sampel 14 kelompok perlakuan dan 14 kelompok kontroldiambil secara non probability purposive sampling. Penelitian ini dilakukan di masing-masing rumah responden kecamatan Pakong Pamekasan

Hasil penelitian ini didapatkan bahwa penderita hipertensi setelah diberikan media poster didapatkan peningkatan pengetahuan hipertensi sebanyak 13 (93%) responden. Berdasarkan uji statisik Wilcoxon peningkatan pengetahuan hipetensi media poster menunjukkan bahwa p value = 0,001 dan media audio visual video dengan p value = 0,180. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa  ada perbedaan efektivitas antara media poster dan media audio visual video terhadap pengetahuan penderita hipertensi di wilayah kerja Kecamatan Puskesmas Pakong.

Disarankan kepada penderita untuk dapat mengatasi kekambuhan dan mencegah terjadinya komplikasi. Memperbanyak mencari informasi (edukasi hipertensi) melalui media cetak (poster) dan media lainnya serta mengikuti anjuran petugas kesehatan setempat.

Published
2021-11-23
Section
Articles