Pengaruh Edukasi Penggunaan Buku 3S Terhadap Pengetahuan Mahasiswa Tingkat II Prodi DIII Keperawatan Politeknik Kaltara

  • Rohandi Baharuddin Politeknik Kaltara, Tarakan
  • Sriargianti Amir Politeknik Kaltara, Tarakan
  • Syamsul Bachri Politeknik Kaltara, Tarakan
Keywords: Edukasi, SDKI, SIKI, SLKI

Abstract

Latar Belakang: Dokumentasi keperawatan merupakan sumber informasi yang utama dalam pemenuhan persyaratan hukum dan profesional. Diagnosis yang didokumentasikan pada proses asuhan keperawatan sampai saat ini masih perlu dilakukan dievaluasi dengan alasan adanya perbedaan standar cara pendokumentasian yang diterapkan disuatu institusi yang menjadi bekal dalam dunia kerja. Tujuan: Mengetahui pengaruh Pengaruh Edukasi Penggunaan Buku 3s Terhadap Pengetahuan Mahasiswa Tingkat II Prodi DIII Keperawatan Politeknik Kaltara. Metode penelitian: penelitian kuantitatif dengan desain pra eksperimental, menggunakan one group pre-post test, responden adalah mahasiswa semester 3 yang dipilih tanpa dilakukan random dan hanya terdiri satu kelompok. Dengan jumlah sampel sebanyak 44 yang dilakukan secara tidak dengan total sampling jumlah sampel yaitu 44. Hasil: Terdapat perbedaan pengetahuan responden pre-test dan post-test setelah dilakukan tindakan edukasi kesehatan. Hasil yang didapatkan sebelum edukasi kesehatan untu kategori baik 10 (22.7%), cukup 15 (34.1%) dan kurang 19 (43,2%) responden. Setelah dilakukan edukasi terjadi perubahan pengetahuan yaitu kategori baik 25 (56,8%), cukup 17 (38,6%) dan kurang 2 (45,2%). Hasil tersebut dibuktikan dengan nilai hasil uji analisis Mc-Nemar didapatkan p-value = 0,000 (<0,05) yang berarti terdapat perbedaan signifikan sebelum dan setelah dilakukan edukasi kesehatan terkait buku 3S. Kesimpulan:  bahwa dengan melakukan edukasi dapat meningkatkan pengetahuan pada mahasiswa terkait penggunaan buku 3S

Published
2023-05-26
Section
Articles